Kesehatan Jantung Di tangan Anda

Kesehatan Jantung Di tangan Anda
Lakukan Pola Hidup Sehat Dengan Makanan yang Sehat

Sunday, May 4, 2014

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jantung



Para dokter mengatakan , jantung merupakan hal yang misterisu. Tetapi, saat anda diberi thu soal kadar kolesterol atau tekanan darah Anda yang tinggi, serta kondisi lain terkait dengan kesehatan jantung , tentu bukan misteri yang anda inginkan. Anda ingin jawaban?

Tahukah anda bahwa jantung memompa lebih dari 2,5 milyar kali sepanjang anda hidup tanpa istirahat? Dengan berat sekitar 300 gr, jantung mengedarkan 4,3 liter darah ke seluruh tubuh setiap menit melalui saluran sepanjang 96.000 - dua kali keliling bumi, lho- yang terdiri dari vena arteri , vena dan kapiler. Darah yang beredar itu diperkaya dengan oksigen dan nutrisi yang membantu memelihara ribuan, bahkan miliaran sel di tubuh Anda.

 Apa sebenarnya yang dimaksud dengan serangan jantung ? Istilah medis untuk serangan jantung adalah myocardial infarction, yaang mengindisikan bahwa beberapa sel di otot jantung ( miokardium ) mati karena kekurangan suplai darah (infark). Dibawah usia 50 , serangan jantung dua kali lebih mungkin terjadi lebih fatal pada perempuan dibandingkan pada laki-laki.



Penyakit jantung memiliki lebih dari satu kondisi. Istilah penyakit kardiovaskular bersifat lebih deskriptif. penyakit itu mencakup masalah yang memengaruhi jantung, pembuluh darah dan arteri di bagian manapun dalam tubuh. Organisasi kesehatan dunia ( WHO ) melaporkan bahwa pada 2008, lebih dari 17,3 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular di seluruh dunia.

Baik penyakit jantung maupun stroke- anggaplah stroke sebagai serangan jantung yang terjadi di kepala anda. terjadi karena ada penyumbatan dan kerusakan pada pembuluh arteri di jantung ke seluruh tubuh. Menurut anda, kemungkinan apa yang akan terjadi , jika salah satu atau lebih pembuluh arteri terhambat atau tersumbat. terutama yang paling dekat dengan jantung? bayangkan sebuah kecelakaan jalan raya. Lalu lintas pasti akan berjalan lambat atau bahkan terhenti sama sekali. Hal itu kemudian bisa menyebabkan penumpukan yang serius.

Beberapa masalah jantung bersifat genetik, namun kebanyakan penyakit jantung paling sering di sebabkan oleh masalah gaya hidup, misalnya konsumsi makanan yang tinggi lemak namun rendah konsumsi buah dan sayuran, merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, serta kebiasaan tidak berolahraga secara teratur.
Untuk mengenali jantung Anda dengan baik, inilah beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan :

1. pelajari bagaimana ciri-ciri jantung yang sehat bekerja
2. Cobalah cek riwayat penyakit jantung dalam keluarga anda . Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk terkena penyakit itu, mulai dari kadar kolesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi.
3. Baca tentang berbagai jenis penyakit jantung. ini bukan sebuah kondisi yang sederhana.
4. jalani peran untuk menjaga kesehatan jantung Anda dengan membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat.\
5. Diskusikan pertanyaan yang anda miliki terkait  tentang jantung dengan dokter.



Sayangi jantung Anda. Cegah sebelum terjadi.
Terimaksih telah berkunjunng
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment